Selasa, 07 Februari 2017

Sinopsis Ovel Laskar Pelangi

SINOPSIS NOVEL LASKAR PELANGI 

Sinopsis Novel
RattleTattle. – WordPress.com
Yang pertama adalah contoh sinopsis novel laskar pelangi berikut sinopsis novelnya.
Judul Buku : Laskar Pelangi
Penulis : Andrea Hirata
Tanggal Terbit : 2005
Penerbit : Bentang Pustaka
Tebal : 526 halaman

SINOPSIS NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA

Cerita Laskar Pelangi terjadi di desa Gantung, Belitong Timur dan berlatar budaya Melayu Belitong. Kisah ini berawal ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumatera Selatan jika siswa baru tidak mencapai sepuluh anak.
Ketika itu baru sembilan anak yang mendaftar dan hadir, tepat saat Pak Harfan( kepala sekolah) akan berpidato untuk menutup sekolah, seorang anak Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah sederhana tersebut.
Mulai dari kisah itu maka mulailah di ceritakan mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang luar biasa di mana A Kiong hanya tersenyum saat ditanya namanya oleh guru mereka,
Bu Muslimah, kejadian bodoh yang dilakukan Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes oleh Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, sampai pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda delapan puluh kilometer pulang-pergi dari rumahnya ke sekolah.
Mereka adalah anggota Laskar Pelangi, nama yang diberikan Bu Muslimah karena mereka senang memandangi pelangi. Mereka hidup di sebuah komunitas tambang Belitong.
Pendidikan hanya dapat diikuti anak-anak para pegawai PN Timah yang berpangkat, fasilitas hanya dapat dimasuki dan digunakan orang-orang dengan kelas sosial tertentu. Anggota Laskar Pelangi terdiri dari Ikal, Lintang, Mahar, Syahdan,A Kiong, 106 Sahara, Harun, Borek, Kucai, dan Trapani.
AnggotaLaskar Pelangi bertambah menjadi sebelas ketika ada siswa pindah dari SD PN Timah yang bernama Flo yang merupakan anak orang kaya yang tertarik akan keunikan sekolah Muhamadiyah. Mereka adalah anak-anak yang lahir di sebuah pulau kaya timah di negeri Indonesia.
Namun, pulau yang seharusnya kaya-raya tersebut ternyata miskin dari segi ekonomi dan pendidikan. Keadaan tersebut tidak menyurutkan langkah mereka, di tengah keterbatasan fasilitas, anak-anak tersebut ternyata memiliki semangat belajaryang luar biasa.
Anggota Laskar Pelangi mengharumkan perguruan Muhammadiyah saat festival 17 Agustus, mereka menampilkan tarian dari Afrika karya Mahar. Prestasi kembali di raih oleh anggota Laskar Pelangi saat lomba cerdas cermat berkat kecerdasan Lintang, bahkan Lintang menantang Drs. Zulfikar, guru sekolah PN Timah yang terkenal kecerdasannya.
Hal inilah yang membuktikan bahwa miskin tidak sama dengan bodoh. Mereka beranggapan bahwa kemiskian hanya dapat diperangi dengan pendidikan. Anggota Laskar Pelangi melewati cerita bersama tawa, dan tangis bersama.
Masa kecil penuh dengan kebahagiaan dan keajaiban,persepsi terhadap hidup terbentuk pada masa kecil. Kisah persahabatan ini berakhir dengan kesulitan ayah Lintang yang memaksa Einstein kecil tersebut putus sekolah dengan sangat mengharukan dan dilanjutkan dengan kejadian dua belas tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar Pulau Belitongkembali ke kampungnya serta anggota Laskar Pelangi lainnya telah menggapai apa yang 107 dicita-citakan.
A Kiong dan Sahara membuka toko kelontong yang diberi nama Sinar Perkasa, kulinya adalah Samson. Flo menjadi guru TK di Tanjong Pandan dan bercita-cita membangun gerakan wanita Muhammadiyah.
Mahar mengajar dan mengorganisasi berbagai kegiatan budaya.Syahdan menjadi aktor dan berkat beasiswa di KyotoUniversity,Jepang sekarang menjadi pemimpindivisi inovasi teknologi dengan ratusan anak buah, Kucai menjadi ketua fraksi di DPRD Belitong, dan Ikal mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar